Minggu, 24 November 2013

Perjalanan Darat Jelajah 7 Kejaiban Nusantara

"Perjalanan bukanlah semata untuk mencapai tujuan. Apa yang terasa di sepanjang jalan, itulah esesnsi yang sesungguhnya" -unknown- 
Suatu tujuan ketika kita travelling dapat dicapai dengan berbagai cara, lewat darat, udara maupun laut. Tentu semua itu mempunyai perbedaan keunikan tersendiri dalam menjalaninya. Dalam perjalanan Terios 7 Wonder  ini perjalanan darat medominasi untuk mencapai tempat 7 Keajaiban Nusantara. Dimulai dari Pantai Sawarna selanjutnya menuju Desa Kinahrejo, tanah Tengger, TN. Baluran, Desa Sade Rambitan, Desa Dompu dan terakhir Pulau Komodo di Flores.

Tidak kurang dari 2000 kilometer sudah di lalui oleh ke tujuh travel blogger yang turut dalam perjalanan ini, saya lebih tertarik untuk menyoroti apa saja yang mereka alami selama perjalanan, tujuan bagi saya merupakan bonus dari perjalanan itu sendiri. Empat dari tujuh tujuan Terios & Wonder kebetulan pernah saya lakoni dengan perjalanan darat, yaitu dengan mengendarai sepeda motor dari Jakarta, tujuan itu adalah Sawarna, Kinahrejo, Tengger, Baluran. Jadi alasan kenapa saya lebih tertarik untuk mengulas dari sisi perjalanan darat karena ketertarikan saya menemukan, meresakan apa saja selama di jalan.

Salah satu blog milik mas Wira Nurmansyah menjadi referensi untuk mengetahui apa saja yang para peserta jelajah ini rasakan dan alami.

[Cara Survive dari Roadtrip Panjang]

Bisa di pahami kebosanan melanda jika melakukan perjalanan darat dengan jarak 2000 kilometer lebih, apalagi sebagai penumpang. Keluhan serupa juga di lontarkan oleh mas Wira. Tetapi semua bisa disiati ditengah perjalanan, dengan berbagai cara antara lain mendengarkan musik, tetapi tidak semua orang mempunyai kesenangan yang sama juga untuk menyetel lagu kesukaan dari alat pemutar musik yang dibawa di perjalanan. Isitirahat yang cukup sangat diperlukan untuk mengusir rasa jenuh. Hal baru yang ditemui saat perjalanan untuk mengusir rasa bosan adalah dengan membuat lelucon-leucon tiap peserta 'Terios 7 Wonder'. Mereka dibekali dengan alat komunikasi handy talkie, sehingga bisa saling berkomunikasi dan mencairkan suasana lewat guyonan walaupun tidak berada dalam satu mobil. 

Beda penumpang, beda pula dengan yang dirasakan dengan pengemudi. Bang Ucok bertugas mengendalikan Daihatsu Terios pada mobil yang penumpangnya adalah salah satunya mas Wira ini, bercerita jika beliau ketika melakukan roadtrip panjang jarang menggunakan menggunakan GPS untuk mengetahui jalur yang akan ditempuh, tetapi lebih memilih sering berhenti melakukan interaksi dengan penduduk lokal yang ditemui diperjalanan, untuk sekedar mengobrol atau menanyakan jalan, dengan cara ini kebosanan selama perjalanan akan diminimalisir.  

Saya sendiri jika melakukan roadtrip panjang punya kebiasaan untuk berhenti minimal setiap 2 jam sekali, untuk sekedar istirahat walaupun cuma 10 menit, atau bisa lebih lama, tergantung kebutuhan saja. Dan juga berhenti semau hati jika akan mengambil foto-foto perjalanan, berinteraksi dengan penduduk lokal, menemukan hal-hal baru. Dengan cara itu saya bisa menikmati perjalanan dan terlepas dari rasa bosan. Disamping karena melakukan perjalanan darat dengan mengedalikan kendaraan sendiri adalah passion. Yup!gairah untuk melalui kilometer demi kilometer tidak kalah pentingnya jika akan melakukan perjalanan jauh. 

[On the Road Interview with Bang Ucok]

Adalah bang Ucok yang mengemudikan salah satu Terios dari 7 mobil keseluruhan. Beliau ini cukup berpengalaman dalam melakukan perjalananan darat sebagai pilot dari kendaraan roda empat ini. Terbukti dengan telah dilakukannya beberapa perjalanan dari Sumatera, Jawa-Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, bahkan pernah mencoba menjelajahi ke Manokwari ke Sorong.

Dari kutipan wawancara yang dilakukan mas Wira kepada bang Ucok ini bisa dirasakan jika beliau sangat suka melakukan aktifitas travellng. Berbagai cerita dan tips dibagikan dari jawaban yang terlontar ketika benbincang dengan mas Wira.  Jalan favoritnya yaitu dari arah Senggigi ke Bangsal yang berada di Lombok, beliau berujar jika jalan tersebut "mulus, cukup lebar, berkelok, tanjakan asoy, pinggir pantai, kadang pinggir jurang, dan langsung sisi gunung. Manjain mata banget!". Sangat bisa terlihat jika beliau sangat menikmati perjlanannya.

Keselamatan dan tingkah perilaku berkendara juga menjadi hal yang sangat penting bagi bang Ucok. Antara lain tentang jarak aman jika berkendara secara konvoi, kira 2 detik dengan kendaraan didepannya. Sebagai pengemudi beliau juga mengajurkan, ketika berkendara harus menjaga emosi, tidak boleh menonjolkan ego, misalnya memperlihatkan atau pamer ke pengemudi lain mengenai keahlihan mengendalikan mobil, dengan selap-selip tanpa memperhatikan keselamatan. Prinsip sampai tujuan dengan zero trouble dan  accident menjadi hal yang utama dalam berkendara.

Diakhir wawancara, bang Ucok sedikit mereview Daithatsu Terios yang digunakan selama perjalanan. Pada awalnya beliau kecewa dengan tarikannya yang kurang, tetapi itu saat permulaan jalan saja, setelah kira-kira berjalan 200 km, laju sang Terios baru terasa mumpuni. Dibuktikan juga dengan mudah melewati jalan berpasir di desa Kinahrejo, Merapi. Setahu saya jika kendaraan melewati jalan berpasir membutuhkan torsi dan tarikan yang berlebih untuk bisa lepas dari jalur pasir. Keterangan yang di berikan tentang mobil ini, bisa dikatakan cukup untuk mengatakan jika Daihatsu Terios adalah mobil yang tangguh serta siap diajak berpetualang menjelajahi nusantara.

[On the Road Landscape (part 1) (part 2)]

Seperti yang saya tulis di awal, cara untuk mengisi waktu selama perjalanan dan tentu saja bisa mengusir rasa bosan adalah dengan mengabil foto-foto perjalanan. Hal ini juga berlaku bagi mas Wira yang mengambil beberapa foto yang di ambil dari belakang dashboard Terios. Ruang gerak yang terbatas ketika mengarahkan fokus kamera, dan juga jeli mengamati momen menjadi hal menarik bagi saya jika melihat jepretan mas Wira. Beberapa foto hasil blogger yang pernah memenangkan "Best Travel Photo Blog"  versi Indonesian Travel Blog ini akan saya posting disini. Tentu saja tidak semua foto, hanya beberapa foto yang menjadi perhatian saya. Foto saat mobil beriringan menembus debu-debu jalanan di kawasan gunung Merapi, atau pemandangan mobil ketika melintas  pesisir selatan pantai Lombok menjadi sesuatu hal yang menarik bagi saya. Ini berkaitan dengan selera pribadi saya, yang selalu tertarik ketika melihat foto selama perjalanan bukan lanskap ketika sudah sampai tujuan, walaupun itu tidak kalah pentingnya. 

Seorang teman dari sebuah komunitas motor pernah mengatakan, sebuah kendaraan (dalam ini sepeda motor) bisa dikatakan layak dkatakan tangguh jika sudah menempuh perjalanan antara 2000-3000 kilometer dengan melewati berbagai medan.

Apakah Daihatsu Terios sudah bisa di katakan tangguh?dan bisa juga bisa menjadi sahabat dalam menjelajahi jalan-jalan khususnya di nusantara ini? Mas Wira sudah membuktikan sendiri, melakukan perjalanan selama 14 hari menempuh jarak lebih dari 2000 kilometer tentu pantas jika Terios menyandang predikat sahabat petualang.

Ada beberapa alasan yang diungkapan mas Wira. Pertama, dilihat dari bentuk dan desain Terios yang kecil alias tidak terlalu besar jika diandingkan dengan jenis mobil setipe, faktor ini semakin memudahkan untuk melibas berbagai medan. Kedua, berbagai medan sudah pernah dicoba dari medan pasir di Kinahrejo, tanjakan menuju Ranu Pani, dan kenyamanan sudah teruji ketika melintasi tepi pantai Sumbawa dengan beraspal mulus, walau mobil dipacu kecang tidak menimbulkan goyangan terutama di bagian belakang, tetapi mobil ini tidak diperuntukan full offroad atau lintasan enduro. Ketiga, kenyamanan untuk melakukan perjalanan jauh dibantu dengan leganya ruang di dalam mobil, sehingga bisa untuk  bisa meregangkan otot kaki supaya bisa tetap rileks dan isitirahat. Keempat, bicara pejelajahan tentu tidak bisa dilepaskan dari alat navigasi, mobil ini sudah dilengkapi dengan perangkat GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui posisi dan menunjukan jalur menuju tujuan.

Penutup

Beberapa kali membaca postingan mas Wira di blog tentang perjalanan Terios 7 Wonder, yang dipikiran saya adalah kebahagiaan ketika bisa mengikuti perjalanan ini, menikmati keindahan dan keajaiban alam nusantara ketika tiba di lokasi dari 7 tujuan. Keakraban antar peserta, travelling memang terbukti bisa mempererat hubungan pertemanan, duka di perjalanan tergambar juga di tulisan mas Wira terutama masalah kejenuhan didalam mobil ketika melaju menuju tujuan, tapi hal itu bisa di siasati sendiri oleh beliau.

Pada akhirnya saya pribadi mengucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil menempuh perjalanan dari Sawarna (Banten) sampai Pulau Komodo. Dan Daithatsu Terios sudah membuktikan ketangguhan untuk melakukan perjalanan darat dan layak di sebut sebagai sahabat petualang.

Semoga di tahun berikutnya bisa diadakan perjalanan serupa, tetapi dengan cara yang berbeda dan lebih menarik. Misalnya para peserta hasil dari kompetisi mengemudikan sendiri Daihatsu Terios untuk merasakan sendiri ketangguhan mobil ini ketika mengendalikan setir, koplin dan rem. Tentu akan menjadi petualangan seru tentu dengan syarat dan ketentuan juga diberlakukan. Salam.

Selamat!! (foto:Wira)


********









74 komentar:

  1. semoga tahun depan kegiatan ini bisa terus diadakan. semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  2. Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar apapun yang saya bisa, dan dengan berbuat demikian saya kadang-kadang meninggalkan komentar di blog. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  3. Saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  4. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  5. Tidak ada yang seperti ini. Bagus sekali

    BalasHapus
  6. Post yang bagus. Berguna sekali bagi saya!

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas postingan yang bermanfaat

    BalasHapus
  8. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya disini

    BalasHapus
  9. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

    BalasHapus
  10. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  11. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  12. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  13. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  14. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  15. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  16. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  17. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  18. Website yang sangat menginspirasi, teruslah untuk mengembangkanya

    BalasHapus
  19. Website anda memberi banyak manfaat terhadap perkembangan teknologi

    BalasHapus
  20. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  21. Postingan anda sangat berguna bagi saya, terima kasih

    BalasHapus
  22. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

    BalasHapus
  23. Terima kasih atas ilmu yang anda bagikan

    BalasHapus
  24. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya disini

    BalasHapus
  25. Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi

    BalasHapus
  26. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  27. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  28. Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar

    BalasHapus
  29. Saya sangat menghargai jenis topik yang diposting di sini.

    BalasHapus
  30. "must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning
    "

    BalasHapus
  31. This is a nice and informative, containing all information and also has a great impact on the new technology. Thanks for sharing it

    BalasHapus
  32. Thank you for another fantastic posting. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a speech next week, and I was looking for more info ;)

    BalasHapus
  33. You should write about the model/version on the blog. You can expose it's perfect. Your blog examination should widen your readership.I am really grateful for your blog post. I find a lot of approaches after visiting your post. Great work..looking for affordable and trusted hosting?come and visit \

    BalasHapus
  34. The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing...

    BalasHapus
  35. I'm impressed, I must say. Very rarely do I come across a blog that's both informative and entertaining, and let me tell you, you've hit the nail on the head. Your blog is important; the issue is something that not enough people are talking intelligently about.

    BalasHapus
  36. I’m completely enjoying as of it and that I have you ever bookmarked to ascertain out new stuff you'll post.. Can you also check

    BalasHapus
  37. Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  38. Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    BalasHapus
  39. Saya sangat menghargai jenis topik yang diposting di sini. Terima kasih telah berbagi informasi yang benar-benar membantu.

    BalasHapus
  40. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan web ini.

    BalasHapus
  41. web yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang besar pada teknologi baru.

    BalasHapus
  42. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  43. Terima kasih atas postingannya

    BalasHapus
  44. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  45. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  46. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  47. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  48. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  49. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  50. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

    BalasHapus
  51. "Saya kira permasalahan yang dibahas kali ini lumayan penting untuk blogger yang masih pemula. Tetapi ada satu hal yang saya tidak setuju, yaitu tentang backlink.
    Bukankah guest posting adalah salah satu metode mendapat backlink dan trafik yang paling efisien?"

    BalasHapus
  52. Nice information, valuable and excellent design, as share good stuff with good ideas and concepts, lots of great information and inspiration, both of which I need, thanks to offer such a helpful information here.

    BalasHapus
  53. Hmmm . . . great to be here in your article or post, whatever, I believe I should also additionally work hard for my personal website as I see some high-quality and updated working in your website.

    BalasHapus
  54. The author has written an excellent article. You made your point and not much to discuss. It's like this universal truth that you can not argue with the truth is not universal, everything has its exception. Thanks for this information.

    BalasHapus
  55. I am completely energetic to include my remarks here in light of the fact that you have a magnificent stuff and it is not difficult to discover such stunning composition ability on line.

    BalasHapus
  56. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
  57. Hi there, I discovered your web site by means of Google while searching for a related topic, your website came up, it looks great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

    Live casino sbobet || Live casino

    BalasHapus
  58. I am really thankful to the holder of this website who has shared this wonderful piece of writing at here.

    agen casino || sbobet casino

    BalasHapus
  59. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a speech
    casino

    BalasHapus
  60. this site is absolutely amazing and this is what im searching for! let me share this to my friends so they can check this out too.
    domino QQ | Judi Poker

    BalasHapus
  61. kalau udah disini kayaknya bakalan terus di sini , keren sekali websitenya
    Numpang Numpang Om...Jaket Parka | Jaket Parka

    BalasHapus
  62. wow long destination pastinya ya.. pengalaman yang sangat tidak bisa dilupakan.. keren-keren..

    best website ni agen taruhan bola online, agen taruhan sabung ayam, agen taruhan sbobet dan Prediksi Togel

    BalasHapus
  63. Thanks for sharing the article, very interesting and rewarding, Thank's again cara mengobati ambeien

    BalasHapus
  64. You may be wondering how we can provide you high quality assignment help without focusing on our profits like other websites on the Internet.

    Agen Sabung ayam
    Sabung Ayam Online

    BalasHapus
  65. It Is Best To Participate In A Contest For Top-of-the-line Blogs On The Web. I Will Recommend This Website! nonton movie

    BalasHapus