Minggu, 01 September 2013

Go Home #2

"Once a year, go someplace you've never been before"-Dalai Lama
Pukul 04.00 kami mulai berkemas, dari menata kembali barang bawaan sampai memasang panniers ke samping kanan kiri Bishop. Pagi masih gelap, angin berhembus kencang, terdengar melalui ventilasi helm mengawali perjalanan dihari ke dua ini. Sekitar 1 kilometer dari tempat berangkat tadi, sampailah dijalan utama, biasa disebut jalur pesisir selatan Jawa.

Sedikit terkejut dengan apa yang kami lewati dengan diriingi penerangan lampu depan Bishop, saya harus memilih jalan yang sedikit layak untuk kami lewati. Diantara lubang besar atau kubangan batu kerikil. Jika ada istilah di lagu-lagu bertemakan cinta, "Mencintai apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangan"  maka dalam  hal ini, kami harus menerima keadaan jalan tersebut, hanya untuk bisa menikmati keindahan  alam nusantara. Sekali lagi, toh kami sangat menikmatinya.

Jalur selatan ini pertama kalinya kami lalui, walaupun pernah mencicipi jalur selatan pada sisi lain yaitu antara Yoyakarta-Pangandaran. Salah satu alasan saya memilih rute tersebut karena belum pernah mencobanya, akhirnya mempunyai kesempatan pada liburan lebaran kali ini. Pada lebaran tahun kemarin kami mencoba jalur “Tapal Kuda” di Jawa Timur (klik disini untuk cerita perjalanannya). Kami melakukan ritual “perjalanan tahunan”. Kondisi pekerjaan saya sebagai buruh dengan sangat minim mempunyai kesempatan libur dan melakukan perjalanan lebih dari satu hari akan mengenalkan kepada saya lebih jauh tentang negeri ini. Semoga memberi dampak semakin cintanya ke tanah air.

Kembali ke jalan utama, hari semakin terang. Sekitar 4 kilometer sebelum petunjuk arah ke Pantai Ranca buaya, akhirnya kami menemukan jalan aspal yang mulus. Tanpa disuruh gas Bishop saya tarik lebih dalam. Setelah melihat tulisan 'Ranca Buaya' yang anak panahnya menunjuk ke kiri, Bishop dibelokan ke arah sana. Sekitar 1 kilometer dari jalan utama tadi, kami sampai digerbang masuk pantai ini. Tampak sepi, beberapa tempat penginapan dengan berbagai kelas sudah menghiasi kawasan, diikuti dengan warung-warung makanan, toilet/kamar mandi sebagai pelengkap suatu lokasi wisata.
belok kanan
Tidak banyak orang lalu lalang di sini, mungkin karena saat itu masih pukul  enam pagi, kami menyusuri pantai sebelum akhirnya menemukan tempat yang bisa diakses Bishop sampai bibir pantai. Pantai ini secara administatif masih termasuk kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat.  Tampak beberapa batu karang yang seakan terdampar dari tengah lautan lepasdan air pantai yang  jernih diantara bebatuan. Saya bepikir untuk menyegarkan tubuh dengan menyeburkan diri di dalamnya. Tak lama setelah itu, jadilah kenyataan untuk mandi di sini, air tidak terlalu dingin tapi cukup menyegarkan membuat tubuh ini seperti mendapatkan energinya kembali. Sedangakan Neni mengabadikan dengan kameranya beberapa landskap disini.

deretan warung:
 photo S1_zpsbd4cade0.jpg

selamat pagi burung!
bishop parkir
Lima belas menit berendam ternyata menghasilkan badan yang mengigil, sedikit kebingungan mencari kamar mandi untuk salin pakaian ataupun membilas badan ini dari pengaruh air asin, karena sebagian masih tutup. Setelah berjalan dengan hanya bercelana pendek menyusuri beberapa tempat  bertulisakan 'WC/Toilet'. Akhirnya saya  menemukan tempat membilas.

mari mandi
Cemburu pada samudera yang menampung segala, cemburu pada sang ombak yang selalu bergerak. (fals)
Setelah ini sempat menikmati debur ombak lagi, di tempat dekat Bishop parkir. Suasana masih belum banyak pengunjung, ratusan burung bertebangan diatas kami menambah suasana yang tidak bisa di definisikan dengan kata. Susana agak terganggu dengan kedatangan orang yang tampak sakit jiwa, bercelana pendek sobek, bertelanjang dada, dan juga rambut gimbalnya. Neni pun tampak ketakutan dan segera menarik tangan saya. Tidak lama setelah orang itu mendekat ke tempat kami duduk, saat itu pun bergegas untuk meninggalkan pantai ini.