Kamis, 18 April 2013

Test & Review Jaket Seri TMC

Perkenalan dengan pak Arif selaku pemilik brand Respiro yang produk-produknya berupa perlengkapan berkendara roda dua yang sudah tidak asing lagi namanya di negeri ini, berlanjut pada penggunaan produk Respiro di setiap perjalanan kami. Sebenarnya semenjak sering melakoni kegiatan moto travelling ini (3 tahun yang lalu) saya sudah naksir dengan produk ini tapi karena saat itu jaket seri Ring of Fire yang saya anggap sangat ideal untuk melakukan kegiatan ini masih belum terbeli mengingat budget yang terbatas.

Tahap awal saya di serahi oleh pak Arif dua buah jaket, yang saya pakai adalah jaket seri TMC yang merupakan nama dari blog otomotif terkenal di Indonesia. Sedangkan jaket yang di pakai boncenger adalah seri terbaru yang belum ada namanya, yang rencananya akan kami kembangkan bersama untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan perjalanan dengan motor seperti yang biasa kami lakukan.

Jaket TMC yang mempunyai spefikasi material: Poly 450D PU coating, waterproofness: 2000mmwc, inner material: polyester mesh soft touch ini kesan pertama yang dirasakan saat memegang pertama adalah jaket yang ringan untuk jaket yang  terdapatnya pelindung pundak dan siku didalamnya serta tampilan yang simpel. Dengan 2 saku di bawah kanan/kiri, dan 2 saku di bagian atas juga di kanan/kiri, semua dilengkapi dengan zipper (resleting), dan juga 1 saku dibagian dalam tanpa zipper. Bagian samping kanan/kiri  terdapat air mesh panel semacam bahan jaring yang membuat angin masuk sehingga tetap nyaman digunakan dibawah terik matahari dan suhu udara yang tinggi. Terdapat 4 tulisan "Respiro" di bagian belakang, lengan kanan/kiri, dan depan yang bersifat reflective atau memantulkan jika cahaya mengenainya.

Pelindung yang terdapat dibagian siku dan pundak menjadi sangat penting untuk mengurangi resiko akibat kecelakaan/jatuh. Di jaket ini sudah dilengkapi pelindung tersebut dengan menggunakan material yang berkualitas CE atau Conformité Européenne untuk memenuhi standar EN 1621-1 yaitu standar perlindungan internasional terhadap dampak mekanis. Manfaat dari fitur ini pernah saya rasakan secara tidak sengaja, ketika dalam perjalanan (klik disini cerita perjalanannya) dan mengalami kecelakaan, tubuh saya terlempar dari motor ketika melaju dikecepatan 60-70kpj, hanya bagian lutut yang luka karena memang tidak menggunakan pelindung lutut saat itu.

Walaupun jaket ini body fit atau kata lain desainnya mengikuti lekuk tubuh tapi tidak mengganggu pergerakan dari bagian tubuh itu sendiri, karena di sekitar bagian pundak terbuat dari bahan yang elastis. Akan terasa jika misalnya mengangkat motor sehabis jatuh karena medan yang ekstrem maka kedua tangan akan banyak bergerak sebagai usaha agar motor berdiri kembali.

bebas bergerak walaupun bodyfit
Untuk zipper atau retsleting utama jaket (bukan yang di saku) menggunakan sistem reserved. Retsleting dengan merk YKK dengan sistem seperti ini pertama kali saya lihat di jaket ini, yang tujuannya untuk membei kenyamanan pada posisi duduk diatas motor.Untu penjelasan teknis tentang sistem ini pernah ditulis sendiri oleh TMC blog (postingannya klik disini). Saya pribadi jarang menggunakan fasilitas ini, mungkin karena badan yang langsing jadi masih ada ruang untuk jaket tidak 'ganjel' ketika posisi duduk di motor.

Secara keseluruhan setelah beberapa kali menggunakan jaket ini, menurut saya jaket ini cocok di gunakan saat melakukan perjalanan di terik mahatari atau kemacetan kota yang akan membuat gerah, dengan mesh panel yang ada di jaket ini  akan mengatasi masalah tersebut. Kurang direkomendasi untuk dipakai pada daerah dingin atau pegunungan, saya pernah measa kedinginan ketika memakainya ketika melakukan perjalanan di dataran tinggi Dieng. Tapi hal ini bisa disiasati dengan menggunakan base layer, yang terjual terpisah. Jaket ini bisa diandalkan dan nyaman untuk perjalanan jauh, terbukti sampai tulisan ini di ketik rider asal Bali, Mario Iroth masih melakukan perjalanan keliling Asia dengan menggunakan jaket ini.

Dengan Mario Iroth yang sedang keliling asia
Untuk harga atau order dan keterangan lain bisa langsung ke TMCblog  Atau bisa didapatkan di store Respiro terdekat di kota anda. Sekian dulu review singkat tentang jaket TMC ini, sambil menunggu jaket seri baru yang dipersiapkan untuk kami.


(coming soon)



3 komentar: