Minggu, 05 Februari 2012

"Aku kan anak lauuut..."

Judul posting adalah ungkapan spontan dari seorang anak yang kami temui, di Pelabuhan Sunda Kelapa, yang tepatnya berada kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Minggu (28/1/2012) Bishop saya ajak jalan2 kedaerah ini, sekedar pengen cari alternatif tujuan jalan-jalan yang biasanya lebih jauh jarak tempuhnya. walaupun begitu, ada sesuatu yang di dapat dari suatu perjalanan tidak peduli seberapa jarak dari perjalanan itu sendiri.

sunda kelapa
Disini paling tidak kami menjadi saksi dari sejarah pelabuhan ini, yang emang bersejarah :) terutama bagi kota yang disebut Jakarta saat ini. Setelah membaca literatur dari sumber yang coba saya rangkum disini *itung2 saya jadi belajar sejarah lagi :)

Pada awalnya nama pelabuhan ini adalah Kalapa, yang merupakan pelabuhannya kerajaan Pajajaran yang beribukota di Pakuan (sekarang Bogor), pelabuhan yang terkenal dari abad 12 ini menjadi rebutan bagi kerajaann2 di nusantara maupun negara eropa, karena letaknya yang emang strategis, dan sempet dikuasai Belanda selama 300 taunan, dan pada awal taun 70an nama pelabuhan ini menjadi Sunda Kelapa.

Cuma itu yang bisa di rangkum, mungkin kalo detail sejarahnya  bisa 7 hari 7 malam untuk menuliskannya Sunda Kelapa ini :))

Ada saja yang menarik setiap datang disuatu tempat tujuan, seperti Sunda Kelapa ini, yang emang udah menjadi  bagian sejarah dan tujuan wisata, terbukti pada saat itu ada wisatawan mancanegara yang berkunjung kesini. 

menghibur
Kami tertarik dan terhibur ketika ada segorombolan anak yang datang dengan bertelanjang dada, basah kuyup, dengan tanpa basa basi dia mempertontonkan kepada kami keahlian mereka, dengan menaiki sebuah kapal yang tingginya sekitar 10 meter, dan setelah sampe atas kapal langsung terjun bebas ke laut :) dan kejadian itu berulang ulang dilakukan mereka. Sampe kami bilang untuk berhenti melakukannya dan dikasih uang jajan untuk mereka :)

Setelah itu mereka kami ajak ngobrol, dan dengan gaya khas anak kecil yang polos dan ceplas ceplos mereka ngobrol dengan kami, katanya mereka melakukan ini hampir setiap hari sepulang sekolah dan kalo libur, aku tanya iseng "emang kamu ga sakit atau masuk angin apa setiap hari kayak gini?" dengan pede nya dia jawab "iya ga lah..aku kan anak laut!" 

Jawaban polos yang saya coba saya berandai andaikan, kalo saja pengelola laut negara ini se pede, seberani anak2 ini karena emang sudah tau seluk beluknya laut negara ini, mungkin ga ada berita di TV tentang perebutan wilayah laut kita, pencurian ikan2 dari negara sahabat. Ah..itu hanya pengandaian saya sebagai orang awam...



klik disini untuk gambar

4 komentar:

  1. lost the object ,.. too dark

    BalasHapus
  2. maksudnya mau sileut mungkin :)

    BalasHapus
  3. Suhu memang keren dah potonya :D

    BalasHapus
  4. makasih..*lebih tepatnya pengantar tukang poto :D

    BalasHapus