Our Riding Ware

Minggu, 27 November 2011

Meraba Bandung [edisi Curug Malela+bonus track : waduk Saguling]

Baiklah..posting kali ini adalah kelanjutan dari Meraba Bandung [edisi Kawah Putih, Ciwidey], setelah dapat 'wangsit' tadi malem ditetukanlah tujuan selanjutnya adalah Curug Malela yang lokasi nya berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. 
Bangun dari penginapan jam 5 pagi, persiapan dan berangkat...oya sebelum ke Curug Malela, ingin ke Kawah Putih lagi, melihat suasana pagi disana. tapi sampai sana loket nya sudah buka, dan saya urungkan niat kesana lagi :D . Ahasil menikmati suasana pagi di Ciwidey saja, dan selalu akan membuat saya kangen akan suasana seperti ini :)

green day!
matahari pagi
bike interest
strawberry swing
Sebenarnya masih pengen berlama-lama, karena masih ada tujuan lain, dimulailah perjalanan ke Curug Malela. Dengan rute : Soreang - Sindangkerta - Cibedug - Cicadas. Dan rute pulang Cicadas - Saguling - Cianjur - Ciawi - Jakarta.



Menempuh jarak sekitar 60 km ke Cicadas, dengan jalan nanjak, berkelok kelok, mebuat Bishop ga bisa dipacu kencang2. Sebelum masuk desa Cicadas disambut hamparan kebun teh yang membuat saya memperlambat laju Bishop demi untuk menikmati keindahannya. 


hamparan kebun teh
pemilik kebun teh!xixixi..
Memasuki gerbang desa Cicadas, sekitar 6 km (cmiiw) menuju curug. Jalan disini lumayan menantang bagi seorang nubi seperti saya, agak berbatuan, sedikit tanah bergelombang :D Dengan jurang disamping jalan. Sempet terjadi insiden kecil, ketika saya menengok kesamping, ternyata ada gundukan tanah yang ga sengaja minta dilaluin ban depan Bishop :D gubraaaak!sangat ringan Bishop yang bobotnya 140 kg an, melempar tubuh saya  yg 50 kg an (kurus banget yak?).

gubraaak!
Istirahat disini sekedar untuk minum dan mehilangkan deg2an setelah jatoh, tiba2 datang 2 anak yang berseragam SD, dan saya bertanya "curug Malela masih jauh?" dia menjawab dengan logat sunda yang kental "oo,,sudah dekat kok".

next generation
menghilangkan deg2an! xixixi...
Lanjut perjalanan...sampailah disuatu tempat yang disitu ada warung, buat parkir. Nyampe sini sekitar jam 12 siang. Nyantai sebentar diwarung, ngobrol2 dengan bapak2 yang biasa menunggu kendaraan pengunjung.  Beliau bercerita tentang curug Malela, dari legenda curug, sampai para pengunjung yang datang. Katanya 3 hari yang lalu ada beberapa orang turis dari Jepang datang kesini, mereka tahu curug Malela dari internet. Saya langsung berpikir, betapa indahnya Indonesia, sampe turis manca dateng kesini, yang orang Indonesia sendiri belum pernah kesini, atau malah bangga liburan ke luar negeri :D Setelah ngobrol ngalor ngidul, dan perjalanan dilanjutakan dengan treking sekitar 800 meter menuju curug. 

tempat pembertian terakhir sebelum treking
treking
yeaah...!curugnya sudah tampak
Dan inilah sang legenda...

enjoy de show...!

every teardrop is a waterfall
Lagi2 tidak ada pengunjung selain kami, semakin khusuk saja menikmati ciptaanNya. Merdunya suara air jatuh, hembusan angin, udara sejuk!semakin betah saja disini. Sambil menyanyi Every Teardrop is a Waterfall dalam hati dari band favorit saya Coldplay, serasa soundtrack yang tepat untuk momen ini :D


the soundtrack

Hampir 2 jam disini, gerimis sepertinya mengusir untuk segera beranjak dari sini..

sampai ketemu lagi legenda
Kembali lagi ke warung + tempat parkir Bishop, istirahat sebentar sambil menikmati mie rebus, dan bertanya ke penduduk setempat jalur jalan pulang, diarahkanlah saya ke rute Cipatat, Cianjur, Ciawi, Jakarta. Okelah...sehabis makan mie kami pamit.
Setting N Drive kearah Cipatat dulu. Jalan nanjak dan berkelok kelok masih mendominasi perjalanan ini, dan ga ketinggalan pemandangan yang hijau di kanan kiri :) Tiba disuatu pertigaan sempet bingung juga, tapi saya lebih tertarik mengikuti tulisan Saguling dipertigaan tadi. Sambil mengingat2 karena kayaknya ga asing nama Saguling, oya saya inget bahwa di Saguling juga ada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Benar saja sekitar stengah jam dari pertigaan tadi, ada waduk yang dimanfaat untuk pembangkit.  Sambil membuat RR ini saya cari literatur tentang waduk ini, Waduk Saguling adalah waduk buatan yang terletak di kabupaten Bandung Barat pada ketinggian 643 m di atas permukaan laut.Waduk ini merupakan salah satu dari tiga waduk yang membendung aliran Sungai Citarum yang merupakan sungai terbesar di Jawa Barat. Sampai sini sekitar jam 5 sore, menikmati pemandangan sambil poto2 :) sekitar satu jam disini, dan perjalanan dilanjutkan. 


waduk
sisi pembuangan air waduk


Ada gambar yang menurut saya janggal ketika melewati jalan diantara waduk dan pembuangan air waduk, ada cahaya aneh *saya menduganya itu UFO :))


UFO mengikuti riding saya :))
Melanjutkan perjalanan diiringi gerimis ujan, jalan yang belum tau medannya, but the ride must go on :D baru jalan beberapa kilometer, hujan deras turun, hadeuuh..mana belum pake rain coat, sekitarnya gelap banget, cuma pohon2 gede yang nongol dari jurang kanan kiri, dengan dingin dan merinding tancap gas terus aja, walapun  Bishop hanya dipacu 30-40 kpj. Titik terang terlihat ketika sampe jalan Cipatat :D dan sedikit lega sesampe sini :) Masih diringi hujan dilalui lah rute, Cipatat - Cianjur - Cisarua - Jakarta deh.. Oya sempet makan malam di Cianjur, dan berhenti di Masjid At Ta'awun Puncak. Dan Alhamdulillah sampe rumah eh kos dink dengan selamat, sekitar jam 1 dini hari. Terimakasih untuk perjalanan 2 hari 2 malam yang menyenangkan, banyak hal yang tak terduga didalamnya. Menurut saya itulah seninya dari suatu perjalanan, ketika banyak hal2 baru, dan tidak diduga yang didapat didalamnya :)  

6 komentar:

  1. membaca kembali catatan blog edisi meraba Bandung membuat saya rindu, rindu ingin kembali jadi boncenger lagi..:D
    rindu hujan, rindu dingin yang menusuk, rindu kebun teh, rindu logat sunda..that's perfect
    catatan yang detail dr sebelumnya (saya aja lupa Malela dimana..:D) serasi dengan foto2nya, semakin berbicara..*lebay yak
    sayang gak ada foto strawberrinya :(
    Nice kakak..
    ditunggu edisi selanjutnya..:)

    BalasHapus
  2. hahaha wong kenthir salto !!

    BalasHapus
  3. ajiiib bray turing nye ... laik dis

    BalasHapus