Minggu, 03 Juli 2011

Antara Balaraja - Cigamea

Berawal obrolan telepon dari seorang kawan sebut saja namanya Remot, di Balaraja - Tangerang, yang berniat mengisi liburan akhir pekan ke sebuah curug (baca:air terjun), saya pun meluncur ke Balaraja dengan motor bersama Amet temen saya, kami berangkat sore dari Jakarta jumat (22/4/2011). Setelah menempuh perjalanan selama -/+ 3 jam, akhirnya sampai di kosnya Remot (Balaraja). Setelah ngobrol ngalor ngidul, nostalgila eh..notalgia, karena saya dan Amet pernah kerja satu perusahaan sama Remot sebelum di Jakarta. Ga kerasa udah gelap, Amet pamit dulu mau mampir ketempat saudaranya. Selang ga begitu lama Amet nelpon, "Bray, lagi dmn?ini anak2 RDHC ngumpul, mau berangkat ke Gunung Gede, kamu kesini dulu deh!"kata Amet lewat telp. Oya RDHC adalah nama hiking club waktu kerja di Balaraja, kebetulan saya anggota waktu kerja disana. Saya meluncur ketempat Amet, disana ternyata sudah banyak kumpulan yang mau ke gunung Gede, ga cuma dari RDHC doank. Sebenarnya saya sudah dapat invitation dari temen RDHC untuk ke gunung Gede jauh2 hari sebelumnya, cuma waktu itu saya bilang ga bisa, takut ada kerjaan mendadak. Disini saya ketemu dengan temen2 RDHC, kata salah seorah temen Adi namayn, coba mau ditanyain ke panitia dulu, sapa tau masih ada kuota untuk ke Gede. Emang kami pengin ikut kalau masih ada kuota :) Setelah ditanyakan ternyata sudah terisi semua kuotanya :(
Kembali ke tempat kos nya Remot, memantapkan plan B untuk ke curug Cigamea ke esokan harinya, dilanjutkan tidur :) karena rencana berangkat pagi2.Bangun pagi, siap2 dan brangkaat!:) Start dari kosnya Remot jam 07.00, dengan 3 motor kami memulai perjalanan. Ga begitu banyak halangan di tengah perjalanan, paling cuma ban bocor dan kesasar dikit - dikit.

on de way
Ditengah perjalanan kami memutuskan untuk mampir ke tempat pemandian air panas, sebelum menuju Cigamea. Sampailah kami di pemandian air panas pada pukul 9.30, ga berlama - lama saya dan Remot segera ganti pakaian dan menceburkan ke kolam air panas, sekitar 1,5 jam kami disini. Dan melanjutkan perjalanan setelah itu.

kolam air panas
 Akhirnya kami sampai di Curug Cigamea, yang tepatny berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kami sampai sini pada pukul 14.40, agak molor dari waktu yang seharusnya, karena beberapa kali kesasar :) Setelah beli tiket, kami segera masuk kelokasi, sangat terasa sekali sejuknya lokasi ini, disuguhi pemandangan yang hijau...mmmhmm mantab! :)

terlihat sebelum turun

Kami harus menuruni beberapa anak tangga untuk mencapai curug, diawal turunan kami ditawari untuk naik flying fox untuk menuju curug, agak ragu juga 'terbang' dengan flying fox, dan akhirnya saya memutuskan untuk menggunakannnya :) Setelah atribut untuk meluncur dipakai, saya siap2 beraksi, tapi ketika itu tiba2 kaki gemetar saat melihat kebawah, hampir aja saya cancel peluncurannya :) setelah dibujuk2 oleh petugasnya,saya disuruh ke posisi jongkok, dan saya didorongnya!uhuuuuy....meluncur, dan ketakutan saat akan mulai tadi, langsung hilang semua :)

meluncuuuur....

Tiba dilokasi air terjun, langsung disuguhi dua buah air terjun dengan karakter yang berbeda, air terjun pertama mengalir dari tebing yang lebih curam, dan di dominasi dengan bebatuan hitam, tumpah tidak begitu deras, air terjun kedua air yang mengalir lebih mirip aliran sungai yang semakin kebawah semakin melebar, tebingnya pun ga setajam yang pertama dengan warna tebing bercorak hitam kekuning2an, dibawah air terjun terbentuk secara alami 'kolam' yang siap menampung tumpahan airnya. Pengunjung lebih cenderung ngumpul di air terjun kedua, dan yang punya nyali bisa naik tebing disamping air terjun, setelah sampai atas, lompat dan menceburkan ke kolam.

2 air terjun

air terjun pertama
air terjun kedua,dan melompaaat...

iklan dulu *Marlboro adventure team

Setelah puas 'menikmatinya' kami bersiap untuk pulang. Kami berangkat dari lokasi skitar jam 5 sore, dan sampe Balaraja jam sekitar jam 8 malam :)

di tengah perjalanan pulang, makasih teman2 perjalanannya :)